MD Talks: Mengenal Jun Munthe Lebih Dalam

DELFMRADIO.CO.ID

Siapa nii Teman Del yang udah menonton tayangan MD Talks di kanal YouTube delfm radio?

Setelah Gok Malau, edisi MD Talks yang baru tayang bulan April lalu adalah Jun Munthe. Seorang musisi Batak bersuara lembut yang terkenal dengan banyak lagu romantis seperti Has, Rohaku, Gotap Ni Rohaku, Haholongan dan sebagainya.

Mimin akan merangkumkan tiga poin yang menarik dalam obrolan Jun Munthe bersama penyiar Del FM, Sondang Sirait.

Jun Munthe dan Sondang Sirait

1. Awal Karir

    Populer dengan lagu ‘Haholongan’, Jun Munthe ternyata mewarisi darah musik dari orang tuanya (ayah dan ibu) yang juga aktif sebagai pemain musik dan pelatih koor di gereja.

    Usai tamat sekolah, Jun langsung memfokuskan karirnya di musik, namun tak mulus. Hingga akhirnya memutuskan untuk mengais rezeki sebagai tukang parkir, peternak ayam, hingga kuli panggul, namun gagal juga.

    Sampai akhirnya, Jun Munthe moncoba ikut dalam ajang Lomba Nyanyi Bintang Radio tingkat nasional dan ternyata meraih juara satu. Sejak itulah ia meyakini visinya untuk menekuni musik hingga sekarang.

    “Sampai sekarang aku menyebut para fansku sebagai ‘Haholongan’ yang artinya kesayangan’ (Jun Munthe)

    Baca juga | Waktu Untuk Bicara, Lagu Terbaru Devano Danendra

    Jun Munthe dan Teman Del

    2. Kehilangan Ibu dan Kisah Pembuatan Lagu ‘Rohaku’

    Lewat MD Talks di YT delfm radio, Jun berkisah tentang sang ibu di masa-masa kritisnya. Untuk beberapa lama, Sang Ibu dirawat di rumah sakit untuk mendapatkan perawatan, namun akhirnya memutuskan pulang dan menghabiskan waktunya di rumah .

    Saat di rumah, Ibu Jun tampaknya memperhatikan aktivitasnya menulis lirik lagu dan entah mengapa tergerak ikut merevisi liriknya (hampir 70 persen). Lirik hasil revisian Sang Ibu itulah yang sekarang populer dengan judul ‘Rohaku’ yang bermakna permintaan hatiku.

    Lewat lagu ‘Rohaku’, Ibunya berpesan agat Jun Munthe mencintai kekasih hatinya kelak dengan sungguh-sunggu persis seperti lirik lagu tersebut. Sayangnya, sang ibu belum sempat mendengar aransemen ‘Rohaku’ hingga ia menutup mata.

    “Gak tau itu ide darimana, pesan lagunya simpel tapi berkelas. Itulah peninggalan dia (mamak) untukku”

    3. Mimpi ke depan

      Tahun ini berniat untuk mencoba terjun membawakan lagu-lagu nasional. Setidaknya ada 1 lagu yang ingin rilis.

      “Pokoknya gimana rencana Tuhanlah. Soalnya kalau aku yang nyetir suka tabrakan jadi rencanaMu aja lah Tuhan (untuk masa depan” Jun Munthe.

      (RMN)

      Leave a Comment.