Hiks, Kevin Sanjaya Sukamuljo Resmi Umumkan Gantung Raket

DELFMRADIO.CO.ID

Salah satu pemain bulutangkis terbaik Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo resmi mengumumkan pensiun dari dunia bulu tangkis. Partner Ganda Markus ini mengumumkan pengunduran dirinya melalui akun Instagramnya 18 Mei 2024.

Melalui unggahannya, Kevin menuliskan rasa bahagianya kala terjun ke dunia tepok bulu. Ia meniti karier profesional bersama rekannya, Marcus Fernaldi Gideon, yang sudah mengumumkan pensiun lebih dahulu pada Maret lalu.

Perjalanan Kevin sebagai pemain bulu tangkisbermula saat ia berusia 5 tahun. Saat usianya menginjak 12 tahun, Kevin memutuskan untuk merantau dari Banyuwangi ke Kudus untuk mengejar cita-cita sebagai atlet nasional.

Baca juga | Lama Vakum, Avril Lavigne Akan Rilis Album ‘Greatest Hits’

Pada tahun 2013, Kevin mendapat kesempatan untuk bergabung ke PBSI dan berangkat ke Jakarta. Kevin berpasangan dengan berbagai atlet, hingga akhirnya berprestasi bersama Marcus, yang terkenal sebagai pasangan “The Minions”.

“Saya sangat bersyukur dengan semua pencapaian saya dan Marcus Fernaldi Gideon sampai saat ini. Walaupun kami belum berhasil mendapatkan medali Olimpiade dan World Championship. Namun, sepertinya waktu saya di dunia badminton cukup sampai di sini.” tulis Kevin.

Lebih lanjut, Kevin mengaku bahwa keputusannya untuk pensiun adalah hal yang berat. Ia telah melakukan diskusi bersama orang-orang terdekat dan mempertimbangkan banyak hal untuk mencapai keputusan final ini.

Baca juga | Bus Perizinan Berusaha Sudah Tersedia di Sumut

Bermula dari Cedera Bahu

Keputusan gantung raket, curhat Kevin, bermula dari kondisi cedera bahunya yang tidak kian membaik sejak tahun 2017. Apalagi, partner gandanya juga cedera sehingga tidak memungkinkan bagi keduanya untuk memperebutkan tiket ke Olimpiade 2024.

“Lalu saya mendapat kesempatan untuk memiliki partner yang baru. Namun, saya rasa kami kurang pas karena kami berdua sama-sama pemain depan. Setelah itu, Kevin berdiskusi dengan pengurus PBSI untuk langkah ke depannya di dunia badminton. Karena saya bermain badminton bukan untuk menjadi penggembira, melainkan saya ingin memiliki tujuan yang jelas,” tegasnya.

“Beberapa bulan kemudian, akhirnya saya mendapatkan jawaban di pertengahan bulan Januari 2024. Namun, jawaban yang di berikan tidak sesuai harapan saya dan saya tidak mendapatkan kesempatan untuk memiliki tujuan yang jelas. Akhirnya saya di akhir bulan Februari memutuskan untuk berhenti dari dunia badminton,” jelas Kevin.

Ganda putra yang menduduki peringkat satu dunia terlama itu kemudian mengucapkan terima kasih untuk para pendukung dan orang-orang yang senantiasa memberikan doa untuk perjalanan kariernya selama ini.

“Saya juga mau meminta maaf bila banyak pendukung yang mungkin kecewa dengan keputusan ini,” kata Kevin.

“Ketahuilah bahwa keputusan ini bukanlah keputusan yang mudah, bisa di bilang ini adalah salah satu keputusan terbesar dalam hidup saya. Akhir kata, saya, Kevin Sanjaya Sukamuljo, pamit,” tutup dia.

(RMN)

Leave a Comment.