Luhut Tinjau Lokasi Pengembangan Tanaman Herbal di Humbahas

DELFMRADIO.CO.ID

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Kamis (28/3/2024). Dia meninjau progres Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus Pollung (KHDTK) dan Taman Sains Teknologi Herbal dan Hortikultura (TSTH2) tahap kedua.

Menko Luhut menyampaikan, untuk mendukung pembangunan KHDTK dan TSTH2 pihaknya sudah melakukan kerja sama antar beberapa negara salah satunya Tiongkok. Ia meminta pihak terkait mempersiapkannya dengan baik sebelum nantinya presiden melakukan kunjungan juga.

“Saya berharap para peniliti dapat bekerja dengan baik karena kita akan bekerja sama dengan Tiongkok dan banyak negara lainnya. Saya juga berpesan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Nindya Karya untuk membuat penelitian tentang model holtikultura sebelum nantinya akan ditinjau langsung oleh Presiden,” ujarnya kemudian.

Baca juga | Samosir Bakal Jadi Tuan Rumah Event F1Powerboat dan Kejuaraan Dunia Jetski, Bukan di Toba Lagi!

Ia menambahkan bahwa pembangunan harus berjalan dengan baik. Termasuk pembangunan control room dan pembuatan sistem drainase agar tidak terjadi penyaluran massa air berlebih dari sebuah kawasan.

Perencanaan pembangunan, lanjut Luhut, akan segera terlaksana dan berharap bisa selesai pada bulan Oktober 2024 mendatang. Jika semuanya beres, sebutnya, peresmian sudah bisa berlangsung pada bulan Januari tahun 2025.

Tambahnya, sebanyak 345 orang peneliti juga akan datang membantu untuk mempersiapkan pembangunan KHDTK dan TSTH2 di bulan April 2024. Mereka akan membantu mendorong agar pusat penelitian tersebut sudah memenuhi standar.

Sebagai informasi, pembangunan KHDTK dan TSTH2 akan menjadi lokasi budidaya dan pengembangan tanaman herbal dari seluruh Indonesia. Lokasi itu juga akan menjadi tempat untuk melaksanakan penelitian dan pembuatan obat-obatan herbal berskala Internasional.

Fungsi berikutnya, KHDTK dan TSTH2 rencananya juga akan menjadi pusat penelitian dan sumber bibit unggul untuk pertanian di Kabupaten Humbang Hasundutan khususnya tanaman holtikultura.

(RMN)

Latepost

Leave a Comment.