Akankah AI Menggantikan Pekerjaan Manusia?

DELFMRADIO.CO.ID – TOBA

Akhir-akhir ini, kemunculan chatGPT membuat masyarakat di seluruh dunia menyadari bahwa apapun yang terjadi di masa depan, yang menjadi prosesor utamanya adalah teknologi AI . Segala sesuatu yang saat ini bisa dikerjakan oleh manusia, ke depan mesin bisa menggantikannya.

“Tentunya mesin yang pandai seperti AI atau Artificial Intelligence yang punya kemampuan untuk menirukan manusia.” pendapat Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Dr. Ir. Gusti Ayu Putri Saptawati S., M.Comm, usai kegiatan 2023 IEEE ICoDSE di Institut Teknologi (IT) Del (8/9/2023).

Dr. Ir. Gusti Ayu Putri Saptawati S., M.Comm

Menurutnya, perkembangan AI saat ini mempengaruhi hampir semua sektor industri secara signifikan. Yang kemudian membuat berbagai industri di seluruh dunia terkena dampak dari teknologi AI ini.

“Paling terasa salah satunya adalah kedokteran. Sekarang ini kalau mencari spesialis mereka sudah berpikir kedokteran masa depan seperti apa. Mana bidang-bidang yang tampaknya bisa dibantu oleh AI. Pertanian sudah jelas terjadi untuk urusan penyemprotan dan seterusnya,” ujarnya.

BIG5!

Meski begitu, Putri berpendapat bahwa AI tidak akan pernah menggantikan manusia. Sebaliknya, teknologi AI akan membantu manusia dalam melakukan kegiatannya sehari-hari.

“Itu mengapa manusia harus lebih kreatif nih. Kalau sudah ada teknologinya,  maka bagaimana kita harus memanfaatkan teknologi itu untuk pekerjaan kita,” sebutnya.

Sebetulnya, hal yang masyarakat atau profesional perlu sadari adalah kemauan untuk beranjak dari zona nyaman bagi yang tidak mau melakukan transformasi digital. Pendapat Putri, kalaulah masyarakat menyadari, melakukan, dan mulai memaksa diri untuk memanfaatkan teknologi, maka sebetulnya posisi manusia tidak akan tergantikan.

“Contohnya saya, sekretaris saya di kantor sudah saya ajari dia untuk menggunakan Chat GPT untuk menulis surat. Dari pada saya menghabiskan waktu untuk memeriksa mending saya menggunakan teknologi,” ujarnya.

Putri berpesan, dari pada menghabiskan waktu untuk khawatir dengan perkembangan teknologi yang notabene sulit membendungnya, maka lebih baik memanfaatkannya. Itu adalah respon yang terbaik untuk bertahan dan lebih maju di era ini.

(RMN)

Comments.

  • Teknologi Futuristik

    blog info AI yang menarik tentang apakah AI dapat menggantikan manusia. Era digital membawa kemajuan teknologi yang pesat, termasuk teknologi AR Marker, yang memanfaatkan tanda visual AR untuk menyematkan konten digital tambahan ke dalam dunia nyata dan memberikan dimensi tambahan pada pengalaman pengguna.

Leave a Comment.