delfmupdate

Wagubsu Ijeck Klaim Reli Danau Toba 2022 Dongkrak Ekonomi di Toba

DELFMRADIO.co.id – Kejuaraan nasional Asia Pasific Rally Championship (APRC) 2022 yang digelar di Parapat pada 24-25 Oktober 2022 lalu diklaim mampu mendongkrak ekonomi di kawasan Danau Toba. Pernyataan itu dikeluarkan oleh Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah atau akrap disapa Ijeck.

Menurut Ijeck, salah satu bukti nyatanya bisa dilihat pada saat Kejurnas Reli Agustus 2022 lalu. Kata dia. sejumlah hotel di Danau Toba penuh karena banyak warga dari berbagai daerah datang.

“Lewat APRC ini, kita dorong agar Sumut bisa menggelar kejuaraan dunia reli yang pernah kita buat di tahun 1997. Dari event ini pula kita dongkrak ekonomi lewat pariwisata,” sebutnya.

Jika WRC bisa dilaksanakan, lanjutnya, bukan hanya Simalungun saja yang mendapatkan keuntungan secara ekonomi, melainkan Indonesia juga akan dikenal di mata dunia.

“Perputaran ekonominya bukan hanya dirasakan pemerintah kabupaten saja, melainkan juga bisa dirasakan pemerintah provinsi. Bayangkan turis dari berbagai negara datang dan kenal dengan Indonesia,” ujarnya.

BACA JUGA

Kerja Sama Tobatenun dan AirAsia, Kenalkan Pariwisata Danau Toba Lewat Tenun Batak

Kata Ijeck, reli merupakan salah satu cara pemerintah bisa membantu mempromosikan pariwisata ke dunia. Menurutnya, APRC sudah kesekian kalinya dilaksanakan di Sumut dan paling dinanti.

“Reli di Sumut sangat unik. Struktur jalannya menarik. Bisa kadang pasir, kemudian tanahnya merah, masuk lagi sedikit berkerikil dan di akhir bisa ketemu dengan jalan berlumpur. Ini tantangan para peserta,” terangnya.

Ijeck juga menegaskan kalau pemerintah sedang bergiat menyusun strategi agar daerah pariwisata kunjungan wisatawannya meningkat terus, tidak hanya lokal tapi juga mancanegara. Cara yang dilakukan bisa dengan promosi-promosi maupun event-event, salah satunya event reli yang memang sengaja dilakukan di Danau Toba untuk meningkatkan pariwisata.

Lewat ajang ini, promosi UMKM juga ikut ditonjolkan. Sejumlah produk seperti andaliman dari Taman Eden 100, jajanan buah mangga khas Toba, kopi dan sebagainya dipamerkan lewat tenan yang disediakan.

BACA JUGA

Peremajaan Pajak Balige Selesai, 573 Pedagang Diminta Lakukan Penyesuaian Lapak

Menambahkan pernyataan itu, Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga mengatakan, pada ajang balapan reli yang digelar seminggu di Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut), perputaran jumlah uang dari hotel di sekitaran destinasi wisata super prioritas mencapai Rp 1 miliar lebih.

“Kita senang dengan event seperti ini. Ajang ini sangat menguntungkan Kabupaten Simalungun. Berdasarkan data sektor penginapan, untuk perputaran uang di hotel mencapai Rp 1 miliar lebih,” katanya.

Radiapoh mengungkapkan, saat APRC 2022 yang digelar mulai 23 hingga 25 September 2022, dirinya mendapatkan laporan jumlah hotel di kawasan wisata Danau Toba juga penuh.

“Yang datang bukan hanya wisatawan dari lokal, melainkan juga wisatawan dari mancanegara. UMKM-UMKM juga terbantu. Kuliner kita juga dikenal mereka,” ungkapnya. (RMN)

RadioDELFM

Recent Posts

Pendaftaran Calon Kepala Daerah Buka Mulai 27-29 Agustus 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan tahapan dan jadwal pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang…

1 jam ago

Lama Vakum, Avril Lavigne Akan Rilis Album ‘Greatest Hits’

Musisi perempuan yang terkenal sebagai salah satu ikon pop punk, Avril Lavigne, akan merilis album…

8 jam ago

Berisik, Polres Toba Razia Knalpot Racing di Balige

Sejumlah pelanggar lalu lintas, khususnya para pelajar yang menggunakan knalpot brong terjaring razia oleh petugas…

1 hari ago

Hujan Lebat, BMKG Sebut Potensi Banjir dan Longsor di Sumut

BMKG mengeluarkan peringatan potensi hujan lebat di kawasan pegunungan Sumatera Utara (Sumut). Hujan lebat ini dapat menyebabkan banjir, longsor, dan bencana hidrometeorologi…

2 hari ago

Sistem Kelas BPJS Kesehatan Ganti Jadi  KRIS, Ini Bedanya!

Pemerintah akan menghapuskan sistem kelas 1, 2, dan 3 di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan…

2 hari ago

Ekonomi Indonesia Triwulan I-2024 Tumbuh Hingga 5,11 Persen

Presiden Jokowi meresmikan Indonesia Digital Test House (IDTH) di Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT),…

5 hari ago