5 Jenis Pohon yang Tertanam di Waterfront City Pangururan

DELFMRADIO.CO.ID – Toba

Ketika datang berkunjung ke Waterfront City Pangururan, Kabupaten Samosir, Teman Del akan melihat banyak pohon-pohon yang tertanam di area tersebut.

Lantas, jenis pohon apa aja yang tertanam di sepanjang lokasi yang juga jadi tempat pelaksanaan Kejuaraan Dunia Aquabike Jetski tersebut? Simak penjelasannya sebagai berikut.

1. Pohon Ulmus

Melansir dari banyak sumber, dikatakan kalau Pohon Ulmus adalah pohon yang mampu menoleransi berbagai suhu, cahaya, hingga kondisi kelembaban yang berbeda-beda. Jadi, pohon ini memang efektif jika ditanam di kawasan Danau Toba yang sering menghadapi cuaca ekstrem dan sulit terprediksi.

2. Pohon Kemiri

Pohon ini adalah jenis pohon yang memiliki banyak manfaat salah satunya adalah buah kemiri. Orang-orang bisa memanfaatkan buahnya untuk bumbu masakan maupun obat-obatan.

Tapi bukan cuma itu, pohon kemiri cenderung tumbuh dengan daun dan batang yang lebat. Tentu saja hal itu sangat efektif untuk memanfaatkan pohon ini sebagai peneduh hingga penahan angin.

3. Pohon Mindi

Teman Del mungkin udah nggak asing lagi dengan pohon ini. Maklum, Pohon Mindi adalah salah satu pohon yang sering tertanam di sisi jalan dan menjadi pohon pelindung. Pohon ini unik karena bisa tumbuh secara cepat, mencapai  4 Р5 m kurun waktu 2 tahun.

4. Pohon Flamboyan

Nah, pohon ini adalah satu pohon yang menarik jika tumbuh di kawasan Danau Toba karena memiliki bunga berwarna merah dan mencolok. Orang-orang sering menyebut pohon ini sebagai Flame Of The Forest atau kobaran api.

Selain cantik, pohon Flamboyan juga ternyata mampu menyerap polusi udara seperti gas Nitrogen Dioksida.

5. Pohon Pakis Monyet

Orang Sumatera pasti udah nggak asing dengan pohon ini. Alasannya karena Pohon Pakis Monyet itu adalah pohon asli yang tumbuh di Sumatera. Pohon ini terkenal karena daunnya memiliki bentuk unik yakni melingkar mengikuti bentuk buntut binatang.

Menurut kamu, apa lagi nih pohon yang cocok ditanam di sekitaran Danau Toba ini, komen dong!

(Sam/ RMN)

Leave a Comment.