delfmupdate

Wow! BPOM Blokir 82.995 Link Penjualan Obat Tradisional Dan Suplemen Kesehatan Ilegal

DELFMRADIO.co.id – Teman Del tahu nggak kalau BPOM masih menemukan adanya peredaran obat tradisional, suplemen kesehatan, dan kosmetika mengandung Bahan Kimia Obat (BKO) serta bahan dilarang yang berbahaya bagi kesehatan.

Berdasarkan hasil pengawasan BPOM ditemukan Vitamin C, Vitamin D3, dan Vitamin E illegal yang diedarkan di e-commerce atau media online. Peredaran Vitamin ilegal ini sangat membahayakan kesehatan masyarakat karena keamanan, khasiat, dan mutu produk yang tidak terjamin.

Menurut Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik BPOM RI, Reri Indriani, fakta itu terungkap dari hasil sampling dan pengujian BPOM kurun waktu Oktober 2021 hingga Agustus 2022. Diketahuilah, ternyata ada 41 item obat tradisional beredar yang mengandung BKO, serta 16 item kosmetika mengandung bahan dilarang/bahan berbahaya.

“Total temuan obat tradisional dan suplemen kesehatan ilegal dan/atau mengandung BKO selama periode Oktober 2021 hingga Agustus 2022 sebanyak lebih dari 658.205 pieces dengan nilai keekonomian sebesar Rp27,8 miliar, sedangkan total temuan kosmetika ilegal dan/atau mengandung bahan dilarang/berbahaya selama periode yang sama, yaitu sebanyak lebih dari 1 juta pieces dengan nilai keekonomian sebesar Rp34,4 miliar,” sebutnya.

BACA JUGA

Ingat! Cek KLIK Saat Beli Obat atau Makanan

Penambahan BKO didominasi oleh BKO Sildenafil Sitrat berkedok penambah stamina pria, serta BKO Deksametason, Fenilbutazon, dan Parasetamol untuk mengatasi pegal linu. Begitu pula penambahan BKO Efedrin dan Pseudoefedrin HCL yang diklaim sebagai obat untuk penyembuhan dan pencegahan di masa pandemi COVID-19.

Diketahui, BKO Sildenafil Sitrat dapat menimbulkan efek samping berupa kehilangan penglihatan dan pendengaran, nyeri dada, pusing, pembengkakan (mulut, bibir, dan wajah), stroke, serangan jantung, bahkan kematian. Sementara itu, BKO Deksametason, Fenilbutazon, dan Parasetamol bisa menyebabkan terjadinya gangguan pertumbuhan, osteoporosis, gangguan hormon, hepatitis, gagal ginjal, dan kerusakan hati bagi konsumennya.

BACA JUGA

BPODT Bikin Toba Caldera Resort Cup, Ajang Jalin Persahabatan Antar Pemuda!

Sementara Efedrin dan Pseudoefedrin, risiko yang ditimbulkannya dapat menyebabkan pusing, sakit kepala, mual, gugup, tremor, kehilangan nafsu makan, iritasi lambung, reaksi alergi (ruam, gatal), kesulitan bernafas, sesak di dada, pembengkakan (mulut, bibir, dan wajah), atau kesulitan buang air kecil.

Ada juga kandungan berbahaya pada kosmetika yang dapat membahayakan kesehatan. Temuannya didominasi oleh bahan pewarna yang dilarang, yaitu Merah K3 dan Merah K10 yang berisiko menyebabkan kanker (bersifat karsinogenik).

BACA JUGA

Danau Toba Jadi Tuan Rumah F1H20, Luhut: Bukti Indonesia Layak Gelar Kompetisi Kelas Dunia!

Terhadap berbagai temuan tersebut, BPOM melalui Balai Besar/Balai/Loka POM di seluruh Indonesia telah melakukan penertiban ke fasililitas produksi dan distribusi, termasuk retail.

Sementara terhadap produk obat tradisional, suplemen kesehatan, dan kosmetika yang ditemukan, telah dilakukan tindak lanjut berupa pencabutan izin edar untuk produk yang terdaftar di BPOM, penarikan dari peredaran, dan pemusnahan terhadap produk yang tidak memiliki izin edar. (RMN)

RadioDELFM

Recent Posts

Hiks, Kevin Sanjaya Sukamuljo Resmi Umumkan Gantung Raket

Salah satu pemain bulutangkis terbaik Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo resmi mengumumkan pensiun dari dunia bulu…

45 menit ago

Bus Perizinan Berusaha Sudah Tersedia di Sumut

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin meluncurkan Pelayanan Perizinan Bergerak (mobile service) yang berbentuk…

2 jam ago

Pendaftaran Calon Kepala Daerah Buka Mulai 27-29 Agustus 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan tahapan dan jadwal pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang…

1 hari ago

Lama Vakum, Avril Lavigne Akan Rilis Album ‘Greatest Hits’

Musisi perempuan yang terkenal sebagai salah satu ikon pop punk, Avril Lavigne, akan merilis album…

1 hari ago

Berisik, Polres Toba Razia Knalpot Racing di Balige

Sejumlah pelanggar lalu lintas, khususnya para pelajar yang menggunakan knalpot brong terjaring razia oleh petugas…

2 hari ago

Hujan Lebat, BMKG Sebut Potensi Banjir dan Longsor di Sumut

BMKG mengeluarkan peringatan potensi hujan lebat di kawasan pegunungan Sumatera Utara (Sumut). Hujan lebat ini dapat menyebabkan banjir, longsor, dan bencana hidrometeorologi…

3 hari ago