delfmupdate

UMKM Toba Siap Digital!

Lebih dari 100 pelaku UMKM di Kabupaten Toba hadir di Gedung Serba Guna (GSG) Yayasan Del guna mengikuti sosialisasi UMKM siap digital yang diselenggarakan oleh dompet digital DANA (Selasa/16/2/2021). Pada kesempatan ini, pelaku UMKM diedukasi agar mulai melakukan transaksi pembayaran non-tunai.

Menurut Agustina Samara selaku Chief of People & Corporate Strategy DANA Indonesia menuturkan kegiatan ini adalah bentuk dukungan DANA terhadap pemerintah yang sedang gencar mengkampanyekan Gerakan Nasional Bangga Indonesia (Gernas BBI) khususnya di Kawasan Destinasi Superprioritas , salah satunya Danau Toba. Dalam wawancaranya, Agustina memberikan pengakuan bahwa potensi pergerakan UMKM Toba baik adanya.

“UMKM di area wisata kawasan Danau Toba ini pergerakannya luar biasa, nah bagaimana UMKM ini akan terus bertumbuh dan berkembang di area digital ini adalah dengan penggunaan dari transaksi tunai (cash) beralih ke non-cash,” ungkapnya

Adapun para pelaku UMKM, pada kegiatan ini, diedukasi untuk menggunakan kode bayar Quick Response Code Indonesia Standard atau QRIS. Pembayaran dengan teknologi code QR, menurut Agustina, sebenarnya sudah dianjurkan oleh Bank Indonesia (BI) agar mengurangi penggunaan uang tunai (cashless) dan peningkatan traksaksi di era digital ini.

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa DANA, selaku platform digital payment yang membangun finansial di Indonesia, dengan senang hati turut ikut mendukung gerakan tersebut. Mengingat, UMKM tidak lagi dibatasi oleh ruang gerak dan waktu sehingga dimungkinkan, dimana pun dan kapan pun, calon pembeli secara nasional bisa membeli produk UMKM secara lebih mudah

Pihaknya juga berkomitmen untuk melakukan pendampingan kepada pelaku UMKM agar kendala yang dihadapi oleh pelaku UMKM bisa diminimalisir. Ia pun bersyukur adanya kerjasama dari semua pihak terkait di Toba ini bisa mempercepat terealisasinya UMKM siap digital.

“Segitu mudahnya, hanya dalam waktu 3-5 menit, akun bisnis pelaku UMKM sudah tersedia. Tapi kita komitmen akan tetap melakukan pendampingan ke depannya,” tutupnya. (RMN)

 

 

RadioDELFM

Recent Posts

Lirik dan Terjemahan Lagu Seventeen ‘Maestro’

Boy Group asal Korea Selatan (Korsel) Seventeen resmi merilis album baru yang bertajuk "17 IS…

2 jam ago

Efek Tidur Cukup Bagi Kesehatan

Tidur ialah aktivitas pasif yang sangat penting bagi kesehatan fisik dan mental manusia. Kurang tidur,…

3 jam ago

Hiks, Kevin Sanjaya Sukamuljo Resmi Umumkan Gantung Raket

Salah satu pemain bulutangkis terbaik Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo resmi mengumumkan pensiun dari dunia bulu…

1 hari ago

Bus Perizinan Berusaha Sudah Tersedia di Sumut

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin meluncurkan Pelayanan Perizinan Bergerak (mobile service) yang berbentuk…

1 hari ago

Pendaftaran Calon Kepala Daerah Buka Mulai 27-29 Agustus 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan tahapan dan jadwal pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang…

2 hari ago

Lama Vakum, Avril Lavigne Akan Rilis Album ‘Greatest Hits’

Musisi perempuan yang terkenal sebagai salah satu ikon pop punk, Avril Lavigne, akan merilis album…

2 hari ago