delfmupdate

Selamat! Kota Sibolga Terima Penghargaan UHC Award 2023

DELFMRADIO.co.id – TOBA

Pemerintahan Kota Sibolga baru saja menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) 2023. Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian memberikan langsung penghargaan tersebut kepada Walikota Sibolga, Jamaluddin Pohan di Balai Sudirman, Tebet, Jakarta Selatan (14/03/2023).

Sibolga merupakan satu dari 22 provinsi dan 334 kabupaten/kota di Indonesia yang mendapat penghargaan UHC. Untuk diketahui, UHC merupakan cakupan kepesertaan program JKN untuk memastikan minimal 95 persen dari total jumlah penduduk telah mendapatkan akses pelayanan kesehatan yang komprehensif dan bermutu tanpa hambatan finansial, baik dalam pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif maupun rehabilitatif.

Dalam kesempatan ini, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sibolga Rita Masyita Ridwan memaparkan data cakupan kepesertaan JKN Kota Sibolga lewat pesan pers rilisnya.

“Berdasarkan dari hasil data kita cakupan kepesertaan JKN Kota Sibolga sebanyak 91.237 jiwa penduduk Kota Sibolga, telah terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari total jumlah penduduk 95.527 jiwa atau sebesar 95,51 persen,” ucapnya.

Baca juga: Orang Kota Perlu Nyobain Suasana Toba, Ini Alasannya!


Rita juga menyampaikan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kota Sibolga yang telah sukses mencapai UHC. Ini merupakan torehan positif pemerintah Sibolga untuk kesehatan masyarakat.

“Hal itu, merupakan wujud nyata kehadiran pemerintah dalam memastikan tersedianya jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakatnya Sibolga,” tuturnya.

Jamal mengucapkan terimakasih untuk BPJS Kesehatan Cabang Sibolga atas kerja keras mereka selama ini. Sibolga sendiri telah mempertahankan penghargaan UHC dari Januari 2018 hingga sekarang. Hal ini membuat Jamal tidak ingin berhenti meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Sibolga.

“Kami ingin lebih banyak lagi masyarakat yang bisa memanfaatkan pelayanan kesehatan jika membutuhkan. Dan kami akan terus berupaya memenuhi standar pelayanan kesehatan yang ada,” tegasnya.


Meski telah mendapatkan penghargaan UHC, masih ada masyarakat yang belum mendapatkan pelayanan kesehatan. Jamal tetap mengingatkan Dinas Kesehatan untuk menjaga dan meningkatkan mutu kesehatan.

“Kepada Kepala Dinas Kesehatan Kota Sibolga, untuk meningkatkan dan  memastikan mutu layanan di fasilitas kesehatan yang sudah baik. Agar dapat ditingkatkan lagi dan meminta kepada setiap tenaga kesehatan supaya dapat memberikan pelayanan terbaiknya untuk  masyarakat peserta JKN,” pungkasnya.

RadioDELFM

Recent Posts

192 Siswa Lulus Seleksi, SMA Unggul Del: Segera Daftar Ulang

Sore ini, 26 April 2024 sekira pukul 15.00 wib, SMA Unggul Del (SUD) mengeluarkan pengumuman…

49 menit ago

Dampak Konsumsi Gorengan Bagi Anak, Ahli: Daya Ingat Turun dan Depresi Tinggi

Berbagai kalangan, dewasa maupun anak-anak, umumnya sangat menggemari makanan yang diolah dengan cara digoreng. Selain…

5 jam ago

Menang Adu Penalti Lawan Korsel, Indonesia ke Semifinal

Indonesia terus mencetak sejarah di Piala Asia U-23 2024. Terbaru, Indonesia sukses menembus semifinal turnamen…

6 jam ago

Catatan BPODT, 30 Ribu Wisatawan Datangi TCR Masa Libur Lebaran 2024

Wisatawan selama masa liburan Idul Fitri 2024, ramai mengunjungi destinasi wisata Toba Caldera Resort (TCR)…

2 hari ago

Bertemu dengan PM Singapura, Menko Luhut: Selalu Bersahabat

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan tampak menggunggah momen pertemuannya…

2 hari ago

KPU Akan Tetapkan Prabowo-Gibran Jadi Presiden-Wapres RI 2024-2029

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar rapat pleno penetapan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka…

3 hari ago