Perkuat UMKM di Kawasan Danau Toba, BPODT Gelar Pelatihan Digital Marketing dan E- Commerce

Setelah pelatihan hospitality dan kuliner, Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) kini mengadakan pelatihan terkait digital marketing dan e-commerce bagi UMKM di kawasan Danau Toba. Adapun pelatihan tersebut, diikuti oleh sebanyak 50 UMKM yang berasal dari 8 Kabupaten di Kawasan Danau Toba.

Menurut Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataan BPODT Raja Malem Tarigan, antusiasme UMKM yang ingin mengikuti pelatihan tersebut terbilang tinggi. Terbukti, ada sebanyak 100 lebih UMKM yang mendaftar untuk ikut pelatihan, namun pihak BPODT harus mengkurasinya hingga 50 UMKM saja.

“Kita kurasi hanya di 50 UMKM, atau sekitar 12% saja dari semua UMKM di kawasan Danau Toba. Sementara, pelatihan UMKM ini kita difokuskan untuk kuliner, kriya dan fashion saja,” sebutnya.

Baca juga: Manfaatkan Pekarangan Rumah Untuk Tanam Sayuran, Perempuan Asal Toba Lusiana Silalahi Terima Penghargaan

Mewakili BPODT, Raja menegaskan keseriusan dan komitmen mereka untuk bekerja bagi kemajuan pariwisata di Danau Toba. Dalam sambutannya, ia menyebut bahwa sumber daya manusia (SDM) adalah salah  satu perhatian BPODT yang harus dibenahi, salah satu caranya adalah melalui pelatihan-pelatihan kepada para pelaku wisata.

Terkait tema pelatihan yaitu digital marketing dan e-commerce, BPODT berharap UMKM di kawasan Danayu Toba nantinya akan memiliki keahlian untuk memanfaatkan era digital kini dalam memasarkan produknya. Dengan begitu, target pasar yang akan membeli produk mereka diharapkan bisa lebih luas jangkauannya.

Baca juga: Kawal Keamanan Mudik di Perairan Danau Toba, 9 Kapal Cepat Disiagakan

Raja juga mengajak para anak muda ikut terlibat untuk menggeliatkan ekonomi para UMKM di kawasan Danau Toba ini. Salah satu caranya adalah dengan membeli produk-produk UMKM yang dijajakan di gelaran event-event atau platform online lainnya.

Ada beberapa sesi pelatihan yang disiapkan oleh BPODT. Mulai dari social media marketing, entrepreneur mindset, system pembayaran digital dan sebagainya.

Untuk mengulas itu, BPODT juga menghadirkan banyak pembicara profesianal. Seperti Okky Barus, Niluh Jelantik, Perwakilan dari on-line shop yakni Tokopedia dan Shopee, mewakili Bank Indonesia, dan banyak lagi.

Adapun pelatihan ini digelar selama tiga hari, mulai 25-27 April 2022 di Hotel Niagara, Parapat. Turut hadir sejumlah UMKM seperti Linggom Coffee, Blessing Cake, Tobatos, Abbargo Tea, Alpha Omega, Hoga Kitchen, dan banyak lainnya. (RMN)

Comments.

Leave a Comment.