Marsiadapari, Tradisi Gotong Royong di Suku Batak Toba

Teman Del di di daerah kamu masih berlaku nggak ya tradisi gotong royong?! Kayak di suku batak, ada sebuah tradisi gotong royong yang dikenal dengan istilah marsiadapari atau ada juga yang menyebutnya marsialapari, marsirimpa, atau marsirumpa.

Marsiadapari artinya kumpulan beberapa orang yang bergotong royong memberikan bantuan tenaga atau jasa dalam sebuah kegiatan, salah satunya saat penanaman padi. Mulai dari  mencangkul hingga masa panen tiba. Masyarakat melakukannya bersama secara bergiliran di ladang masing-masing. Keren ya! Tradisi ini memungkinkan masyarakan berhemat uang dan mempercepat pekerjaan yang dilakukan pada saat menanam padi tentunya.

Marsiadapari juga dilakukan saat ada kegiatan adat, seperi mendirikan rumah (pajongjong jabu sibagandingtua), kemalangan (marsitaonon), pesta unjuk dan lain sebagainya. Itu sebabnya ada sebutan “Si solisoli do uhum, si adapari do gogo” artinya, kau beri maka kau akan diberi, baik sikap ataupun tenaga juga materi. Dengan hukum ini, sesuatu yang berat akan terasa ringan, dan yang ringan terasa tak masalah “tampakna do tajomna, rim ni tahi do gogona”.

Comments.

  • Halo Member setia Batakpoker
    Jangan lupa klik dan main di Batak poker
    selain itu juga banyak bonus lainnya, seperti

    – Bonus new member 20%
    – Bonus Deposit 10%
    – Bonus Spin harian Hingga 150 ribu
    – Bonus refferal 10%
    – Bonus Mingguan / Rakeback 16,7%

    daftar dan mainkan segera ya all
    Link alt :
    bit.ly/batakpoker
    batakpoker.org
    batakpoker.me

    WA : +855-81-629-593

Leave a Comment.