delfmupdate

Manfaatkan Pekarangan Rumah Untuk Tanam Sayuran, Perempuan Asal Toba Lusiana Silalahi Terima Penghargaan

Lusiana Silalahi, perempuan asal Desa Parsuratan Kecamatan Balige ini menjadi wakil perempuan asal Kabupaten Toba yang berhasil menerima penghargaan pada puncak peringatan ke-144 Hari Kartini tahun 2022. Ia tercatat memiliki prestasi karena memanfaatkan pekarangan rumahnya bertanam sayuran.

Lusiana Silalahi yang juga Ketua Pokja III PKK Desa Parsuratan, Jumat (22/4/22) ini mengakui bahwa penghargaan yang diterimanya bermula dari hobjnya menanam berbagai tanaman di pekarangan rumahnya. Selama ini, ia dan anggota Pokja PKK lainnya memang rutin memanfaatkan pekarangan rumah dengan bertanam beragam sayuran karena  banyak manfaatnya.

Baca juga: Teken MoU, Indofarma Bersama Pemda dan Institusi Pendidikan Sekitar Toba Sepakat Budidayakan Tanaman Obat

Selain bisa dikonsumsi sendiri, hasil dari pemanfaatan pekarangan rumah juga bisa dijual dan menambah ekonomi keluarganya khususnya di masa pandemi. Ia bercerita bahwa ada beberapa jenis sayuran yang ia tanam seperti kangkung, jagung, sawi dan cabai.

“Bahkan disamping itu, hasil tanaman juga dapat dijual, untuk menambah penghasilan dalam upaya pemulihan ekonomi di masa pandemi saat ini,” sebutnya.

Ia pun berterima kasih atas dukungan Pemerintahan Desa Parsuratan, Dinas PMDP-PA dan TP PKK Kabupaten Toba, yang selalu menginspirasi mereka. Atas dukungan itu, ia mengaku belajar untuk mengimplementasikan program “Hatinya PKK” yaitu “Halaman Teratur, Indah dan Nyaman di lingkungan masing-masing dalam mewujudkan kesehatan jasmani dan ekonomi seisi rumah tangga.

Untuk diketahui, selain Lusiana ada 514 orang Perempuan Berjasa dan Berprestasi lainnya yang menerima penghargaan tersebut. Adapun penerimanya berasal dari berbagai bidang di kabupaten/kota seluruh Indonesia oleh Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju. (RMN)

 

RadioDELFM

Recent Posts

Ekonomi Indonesia Triwulan I-2024 Tumbuh Hingga 5,11 Persen

Presiden Jokowi meresmikan Indonesia Digital Test House (IDTH) di Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT),…

1 hari ago

MD Talks: Mengenal Jun Munthe Lebih Dalam

Siapa nii Teman Del yang udah menonton tayangan MD Talks di kanal YouTube delfm radio?…

1 hari ago

Indonesia Gagal Ikut Olimpiade, Erick: Terima Kasih untuk Perjuangan

Tim nasional (Timnas) Indonesia U-23 harus mengakui keunggulan Guinea dalam laga pertandingan play-off cabang olahraga…

1 hari ago

Waktu Untuk Bicara, Lagu Terbaru Devano Danendra

Teman Del, Devano Danendra baru saja merilis lagu barunya pada 13 April 2024 kemarin. Video lirik lagu…

1 hari ago

Ibadah Rosario di Tangsel Dibubarkan, 4 Tersangka Terancam Penjara

Lagi-lagi kabar intoleransi kembali terjadi di Indonesia. Kali ini melansir dari detik.com tercuat kabar pembubaran…

3 hari ago

Mardoton, Tangkap Ikan Tanpa Merusak Perairan

Masyarakat Batak mengenal istilah menangkap ikan secara tradisional dengan sebutan MARDOTON. Tradisional maksudnya menangkap ikan…

3 hari ago