Hanya Untuk Masyarakat Kurang Mampu! Gas LPG 3 kg Nggak Bakal Dijual Bebas Mulai Tahun 2022

Teman Del, bersiap-siaplah tidak bisa mendapatkan gas LPG 3 kg dengan mudah di warung terdekatmu. Pasalnya, pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bakal melakukan transformasi subsidi Liquifed Petroleum Gas atau LPG 3 kilogram dari yang saat ini sifatnya terbuka menjadi subsidi langsung ke orang. Itupun, dikhususkan hanya untuk orang miskin dengan pendapatan ekonomi rendah.

Kepala Pusat Kebijakan APBN, Badan Kebijakan Fiskal (BKF), Kementerian Keuangan, Ubaidi Socheh Hamidi menyampaikan, sebagaimana diketahui bahwa distribusi LPG tabung 3 Kg bersubsidi saat ini masih bersifat terbuka, sehingga seluruh golongan masyarakat dapat mengakses komoditas bersubsidi tersebut. Sehingga, dalam pelaksanaannya, subsidi LPG belum tepat sasaran serta belum efektif dalam menurunkan kemiskinan dan ketimpangan, mengingat sekitar 75% dari anggaran subsidi LPG masih dinikmati oleh masyarakat kelas menengah keatas.

“Transformasi subsidi LPG akan dilaksanakan secara bertahap dan berhati-hati, dengan mempertimbangkan kondisi sosial ekonomi masyarakat,¬†serta pemulihan ekonomi secara nasional,” ungkap Ubaidi.

Ubaidi belum bisa menjelaskan detil waktu yang tepat untuk pelaksanaan subsidi LPG secara tertutup dan langsung berbasis orang tersebut. Namun, kata Ubaidi, pemerintah akan memulai reformasi subsidi energi gas LPG 3 kg dari berbasis komoditas menjadi berbasis orang pada tahun 2022 agar kualitas belanja negara semakin meningkat. (RMN)

 

Leave a Comment.