Yeay! RSUD Sidikalang Kini Punya Ruang Isolasi

Ruangan isolasi guna peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sidikalang resmi dioperasikan mulai Kamis (20/1/2022). Peresmian ditandai oleh pemotongan pita yang dilakukan oleh Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu.

Ruang isolasi merupakan ruangan yang didesain khusus untuk menangani pasien dengan penyakit infeksi agar terpisah dari pasien lain. Tujuan adanya ruang isolasi di rumah sakit adalah untuk mengendalikan penyebaran penyakit menular yang bisa mewabah.

Bupati Eddy mengutarakan bahwa pembangunan ruang isolasi bisa terlaksana sebagai bentuk respon dari arahan Presiden Jokowi agar meningkatkan sarana dan prasarana rumah sakit, salah satunya keberadaan ruang isolasi. Adapun ruangan isolasi di RSUD Sidikalang  memiliki 11 ruangan dengan 22 tempat tidur. Ruangan juga dilengkapi dengan fasilitas lift, agar memudahkan pelayanan kepada pasien.

Baca juga : Soal Omicron, Menko Luhut: Patuhi Semua Arahan Pemerintah dan Jangan Keluar Negeri Dulu

Jika pandemi kembali normal, Eddy menjelaskan bahwa ruangan tersebut bisa dikonversi kembali menjadi ruangan biasa. Semuanya, tutur Eddy, untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Ruangan ini akan kita konversi jadi ruangan pelayanan biasa jika pandemi sudah normal. Ruangan setiap gedung juga harus ramah terhadap kepada disabilitas. Tambahan fasilitas ini untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Kabar baik lainnya, tes PCR Covid-19 juga akan mulai tersedia di Kabupaten Dairi. Atas dukungan Kementerian Kesehatan, tes PCR yang sebelumnya sulit di dapatkan, mulai bisa dilakukan RSUD Sidikalang dalam waktu dekat. Dengan begitu, ia berharap masyarakat tidak perlu ke luar daerah lagi jika ingin melakukan tes PCR.

“Tidak perlu lagi ke luar daerah untuk PCR,” kata dia. (RMN)

 

Leave a Comment.