Wujudkan Toba BISA, Bakal Ada Gerakan Toba Bersih Pada 25-26 September 2020

Dalam rangka mendukung pembangunan dan pengembangan kepariwisataan di Kawasan Danau Toba yang Bersih-Indah-Sehat-Aman (BISA), komunitas Gerakan Toba Bersih bergandengan dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) beserta Badan Otorita Danau Toba akan menggelar aksi bersih-bersih.

Aksi ini akan berlangsung di sekitaran Balige dan daerah wisata Pantai Lumban Bulbul pada tanggal 25-26 September 2020.

Dilansir dari akun instagram @gerakantobabersih dituliskan bahwa aksi ini dibuat dengan tujuan untuk memotivasi masyarakat industri pariwisata untuk selalu menjaga kebersihan sekaligus memberikan informasi kepada wisatawan bahwa kawasan pariwisata Danau Toba siap untuk aktifitas pariwisata dengan menerapkan Protokol Adaptasi New Normal setelah terjadinya pandemi Covid-19.

Lebih lanjut, pada laman tersebut dijelaskan bahwa gerakan yang akan berlangsung selama dua hari ini merupakan bentuk kepedulian dan tanggung jawab dari masyarakat pemangku kepentingan di Danau Toba. Selain komunitas Gerakan Toba Bersih aksi ini juga menggandeng Bank Sampah Induk (BSI) IAS Toba, Komunitas GO-TOBA, pelaku usaha pariwisata Lumban Bulbul, komunitas seni/sanggar, dan komunitas lainnya.

Seperti diketahui, Kaldera Toba resmi menjadi UNESCO Global Geopark baru setelah disahkan oleh sidang Executive Board ke-209, tanggal 7 Juli 2020. “Sebuah pengakuan sekaligus tanggung jawab yang sungguh luar biasa bagi kita pemilik sekaligus yang mendiami kawasan yang memiliki kisah sungguh menakjubkan ini, ” tulis akun @gerakantobabersih.

 

Leave a Comment.