Viral, Pasien Konfirmasi Positif di Toba Diserang Warga

Baru-baru ini, dunia jagad maya dihebohkan dengan adanya video seorang pria di Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang dipukuli menggunakan kayu diduga karena terpapar covid-19. Video tersebut disebarkan di media sosial oleh kerabat korban lewat akun instagram @jhosua_lubis.

Menurut Jhosua, pada postingannya, kejadian tersebut terjadi di Dusun Bulu Silape, Desa Sianipar II, Kecamatan Silaen. Korban dalam video tersebut merupakan tulangnya yang disebut bernama Salamat Sianipar (45). Tampak dalam video, sejumlah orang menganiaya Salamat menggunakan benda keras seperti kayu panjang.

Mirisnya lagi, tak cuma dipukuli, korban juga tampak diikat dan diseret-seret hingga tersungkur. Sementara beberapa orang yang lain hanya menonton.

Menurut Jhosua, dikutip dari berbagai sumber, kejadian bermula saat Salamat sekaligus tulangnya tersebut mengalami flu dan demam pada 21 Juli 2021. Tulang Jhosua tersebut lantas memeriksakan diri di klinik tak jauh dari rumahnya dan terbukti positif covid-19 pada 22 Juli 2021.

Salamat lantas akhirnya melakukan isolasi mandiri, namun entah bagaimana, warga tak terima dan menjauhkannya dari sekitaran kampung hingga melakukan pemukulan.

“Masyarakat mengikat dan memukili dia. Seperti hewan dan tidak ada rasa manusiawi” tulis Jhosua di laman instagramnya.

Hingga video ini viral, belum ada keterangan dari pihak lain terutama dari perangkat desa tempat kejadian penganiayaan tersebut. Kapolres Toba AKBP Akala Fikta Jaya juga belum memberikan jawaban.

Terpisah, Juru Bicara Satgas COVID-19 Toba Lalo Hartono Simanjuntak mengatakan, pihaknya sudah mendapat kabar penganiayaan itu. Namun mereka belum mendapat kronologi lengkapnya.

“Saya harus ke lapangan. Kami harus cek kebenarannya bagaimana kronologis,” ujar Lalo.

Di masa pandemi saat ini, warga yang terbukti positif covid-19 harus dipisahkan dengan warga yang lain agar tak menulari. Caranya bisa dengan isolasi mandiri saat tak bergejala atau bergejala ringan, atau dirawat di ruang isolasi fasilitas kesehatan untuk mendapat perawatan. (RMN)

Leave a Comment.