Update 29 Juli, Konfirmasi Covid-19 di Kabupaten Toba Total 7 Kasus

Pemerintah Kabupaten Toba menyebut jumlah kasus konfirmasi atau kasus positif virus corona (Covid-19) di Kabupaten Toba kembali bertambah.

Berdasarkan data, perkembangan kasus Covid 19 di Kabupaten Toba pada Rabu 29 Juli 2020 pukul 12.00 WIB, kasus konfirmasi Covid-19  bertambah sebanyak 1 kasus. Artinya, hingga saat ini total konfirmasi positif berjumlah 7 kasus.

Sebelumnya pada Selasa, 28 Juli 2020 total pasien terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 6 orang.

Adapun penyebaran kasus konfirmasi tersebar di Balige (4), Silaen (1), Parmaksian (1), dan Habinsaran (1).

Selain itu, jumlah pasien suspek ada 3 orang, total probable sebanyak 1 orang, dan kontak erat sebanyak 10 orang.

Fyi, berikut penjelasan istilah baru terkait Covid-19

1. Kasus Suspek

Secara garis besar, definisi kasus suspek menyinggung tiga kriteria.

  • Orang dengan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). Ada riwayat dalam 14 hari sebelum sakit, orang yang bersangkutan berasal atau tinggal di daerah yang sudah terjadi local transmission atau penularan lokal.
  • Orang dengan salah satu gejala/ tanda ISPA dan 14 hari terakhir sebelum gejala memiliki riwayat kontak dengan kasus konfirmasi/ probable.
  • Orang dengan ISPA/pneumonia berat yang membutuhkan perawatan di rumah sakit dan tidak ada penyebab lain berdasarkan gambaran klinis yang meyakinkan.

2. Kasus Probable: Kasus suspek dengan ISPA berat, atau kemudian meninggal dengan hasil uji klinis yang meyakinkan hal itu adalah Covid-19, namun belum terkonfirmasi.

3. Kontak Erat: Orang dengan riwayat kontak sebagai berikut.

  • Kontak tatap muka/ berdekatan dengan kasus konfirmasi/probable dalam radius 1 meter dan dalam jangka 15 menit atau lebih
  • Sentuhan fisik langsung dengan kasus konfirmasi/probable (salaman, pegangan tangan, dll)
  • Orang yang memberikan perwatan kepada terhadap kasus konfirmasi/probable tanpa menggunakan APD sesuai standar
  • Situasi lainnya yang mengindikasikan riwayat kontak berdasarkan penilaian risiko lokal yang ditetapkan oleh tim penyelidikan epidemiologi setempat.

4. Kasus Konfirmasi: seseorang yang dinyatakan positif terinfeksi virus Covid-19 yang dibuktikan dengan pemeriksaan lab RT-PCR baik dengan gejala (simptomatik) atau tanpa gejala (asimptomatik)

Yuk Teman Del tetap lakukan ptorokol kesehatan secara disiplin. Antara lain, pakai masker, jaga jarak (physical distancing), rajin mencuci tangan, dan senantiasa menjaga kebersihan. Cegah corona bersama Del FM!

Leave a Comment.