delfmupdate

Pemkab Toba Dapat Kritik Soal Sampah, Poltak: Sudah Gotong Royong

DELFMRADIO.CO.ID

Pemerintah Kabupaten Toba mendapatkan kritikan tegas mengenai penanganan sampah yang semrawut di area lokasi F1Powerboat. Kritik itu diutarakan oleh Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenkomarves, Odo R. Manuhutu saat press conference F1Powerboat.

“Ada dua hal yang jadi concern wisatawan, yaitu kebersihan dan atraksi. Kalau kebersihan, masih kurang ya di Danau Toba, sangat kurang. Sepanjang jalan dari airport ke sini, masih banyak sampah berserakan dimana-mana.” sampainya, Sabtu (02/03/2024) di Bontean Balige, Kabupaten Toba.

Baca juga | Hasil Sprint Race 1 dan 2 F1Powerboat 2024

Odo menilai, Pemerintah Kabupaten (pemkab) Toba mengalami penurunan ketimbang F1Powerboat 2023. Ia kemudian menyarankan pemkab perlu melakukan evaluasi dan melakukan pembenahan.

“Ada negara tetangga mampu mengelola pariwisata dan mendatangkan banyak wisatawan, meski tidak memiliki pesona alam seindah Danau Toba,” banding Odo.

Karena itu, Odo berpendapat upaya pemkab harus lebih besar (menangani sampah) pada penyelenggaraan F1 Powerboat ini. Terlebih lagi, kata Odo, penyelenggaran event sebesar ini akan lebih menguntungkan pemkab ketimbang pemerintah pusat.

“Mohon maaf pak Bupati, kita harus kerja lebih sering ya. Karena kalau tidak, kami di pemerintah pusat harus juga mengevaluasi, apakah perlu tahun depan tetap di sini (Kabupaten Toba) atau kita ke tempat lain yang lebih kooperatif dan juga lebih siap,” tukasnya.

Pada kesempatan sama, Bupati Toba, Ir. Poltak Sitorus menjawab kritik Odo. Klaim Poltak, pihaknya telah melakukan upaya maksimal dalam penyelenggaran F1 Powerboat.

Terkait sampah, Poltak menyebut sudah melakukan gotong royong untuk membersihkan area sekitar Danau Toba. Katanya, aksi itu sudah berlangsung kurun waktu 3 minggu belakangan.

(SAM/RMN)

RadioDELFM

Recent Posts

Tren Cek Khodam di Tiktok, Apa itu?

Cek Khodam lagi ramai menjadi perbincangan warganet utamanya pengguna tiktok. Tren ini merujuk kepada orang…

21 jam ago

Berikan Kuliah Umum di IT Del, Ambrosius: Anak Muda Rentan Kena Sakit Jantung

Kampus Institut Teknologi (IT) Del mengadakan kuliah umum bertajuk Masalah Kesehatan Jantung dan Anak Emas,…

3 hari ago

Konsep Smart City Hadir di Toba

Program Smart City atau Kota Cerdas bakal segera hadir di Kabupaten Toba. Konsep Smart City,…

3 hari ago

Jadwal Libur Panjang Sekolah 2024, Sesuai Kalender Pendidikan Sumut

Sekolah-sekolah di Sumatera Utara (Sumut) akan segera memasuki masa libur sekolah 2024. Sebentar lagi, para…

1 minggu ago

Jadi Jawara Nyali Batak Vol.3, Januari Sitompul Rilis Single ‘Marbalos Mudar’

Jawara kontes Nyanyi Lirik Batak atau Nyali Batak Volume 3, Januari Sitompul merilis single berjudul…

1 minggu ago

Salut! Pak LBP Dapat Gelar Honorary Professor dari Tsinghua University

Pendiri Yayasan Del sekaligus menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut…

1 minggu ago