Menuju New Normal 1 Juli 2020, Ini Persiapan Pemkab Samosir

Menuju normal baru 1 Juli 2020, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir tengah mempersiapkan beberapa hal teknis yang mencakup beberapa bidang. Adapun bidang yang dimaksud yakni mencakup (1) peribadahan; (2) kepariwisataan, olah raga, sosial budaya, area publik; (3) perdagangan, pasar modern/tradisional; (4) transportasi publik, pengawasan pintu masuk ke Kabupaten Samosir; (5) penyelenggaraan pelayanan kesehatan; (6) pelayanan pendidikan dan sekolah; (7) administrasi kependudukan; (8) perizinan; dan (9) pelaku perjalanan dan bisnis di Kabupaten Samosir.

Pemkab Samosir, melalui GTPP COVID-19 kabupaten Samosir, telah mengeluarkan SOP pada bidang-bidang tersebut untuk disosialisasikan kepada masyarakat. Isinya tentu saja mencakup pelaksanaan protokol kesehatan, seperti saat memasuki desa, dipasang portal yang akan mengecek warga agar tetap menggunakan masker dan cuci tangan sebelum memasuki desa tersebut. Indikasi peran serta masyarakat ini, menurut pemkab Samosir, semakin tumbuh dengan baik dan diharapkan bisa menjadi kebiasaan-kebiasaan baru di seluruh keluarga yang ada di Samosir selama masa pandemi COVID-19.

Aturan New Normal yang telah disusun ini akan diujicobakan secara terbatas dan dievaluasi pelaksanaannya untuk ditetapkan seberapa siap Kabupaten Samosir menerapkan normal baru pada tanggal 1 Juli 2020. Selanjutnya, GTPP COVID-19 Kabupaten Samosir juga akan mengaktivasi masyarakat dalam pencegahan dan penanganan COVID-19. Aktivasi ini dilakukan dengan membangun kesadaran kolektif bahwa ada bahaya yang akan dihindari melalui penekan pada protokol kesehatan dan SOP yang telah disosialisasikan secara terus menerus.

Dalam pelaksanaannya, Pemkab Samosir, melalui GTPP COVID-19 Kabupaten Samosir, berkolaborasi dengan Polres Samosir, Kodim 0210/TU, Kejari, DPRD, dan seluruh entitas kemasyarakatan peduli COVID-19. Kolaborasi ini ini diharapkan menghasilkan satu kesatuan dalam konsep, strategi, dan teknis penerapan normal baru untuk mencegah dan menangani COVID-19 pada masa pemberlakuannya. Kajian-kajian dari SKPD, aparat keamanan dan penegak hukum, dan sosial kemasyarakatn akan tetap menjadi dasar pembuatan kebijakan-kebijakan secara kolaborasi.

Di atas itu semua, kata pemkab Samosir melalui laman resminya https://samosirkab.go.id/, mari tetap berdoa kepada Pencipta kita yang setia agar kita diberi hikmat untuk mempersiapkan diri dengan satu keyakinan bahwa kita akan terhindar dari COVID-19 berkat pertolongan-Nya di dalam hidup kita sehari-hari dengan melakukan protokol kesehatan dan SOP yang telah dikeluarkan oleh GTPP COVID-19 Kabupaten Samosir. Juga, kita meminta agar Tuhan juga menghilangkan COVID-19 dari muka bumi ini dengan kuasa ilahi-Nya. (RMN/ Foto: berbagai sumber)

 

Comments.

Leave a Comment.