delfmupdate

Memasuki Musim Kemarau, Satelit NOAA Deteksi 25 Hot Spot di Sumut

Sejak Februari 2021, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) tercatat mulai memasuki musim kemarau. Sesuai arahan Presiden Jokowi, pencegahan kebakaran hutan harus segera diupayakan sebelum apinya membesar. Seluruh pihak terkait diminta oleh presiden untuk meningkatkan kewaspadaan guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Presiden Jokowi mengingatkan untuk memprioritaskan upaya pencegahan dengan deteksi dini dan update kondisi lapangan setiap hari. Dia juga meminta agar infrastruktur monitoring dan pengawasan sampai ke tingkat bawah, mencari solusi permanen, menambah ekosistem gambut dan mangrove serta penegakan hukum tanpa kompromi.

“Utamakan pencegahan, jangan sampai api itu membesar karena kalau sudah besar sulit dipadamkan, kerugian sangat besar, angkanya bukan miliar, tetapi triliun. Belum lagi kita diprotes negara-negara tetangga,” tegas Presiden, melalui video conference dari Istana Negara, Jakarta.

Sejalan dengan arahan, Wakil Gubernur Sumut (Wagubsu), Musa Rajekshah usai menghadiri secara virtual Pengarahan Presiden tentang Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan pada Senin (22/2) mengimbau masyarakat agar tidak membuka lahan pertanian yang bukan diperuntukkan sebagai lahan pertanian dan tidak membuka lahan menggunakan api atau dibakar. Menurutnya, tindakan tersebut sering menjadi pemicu kebakaran hutan yang luas.

Data Dinas Kehutanan Sumut mencatat telah terjadi enam kebakaran hutan dan lahan di Sumut dengan total luas sekitar 11 hektare hingga Senin (22/2). Terbaru ialah kasus kebakaran puluhan hektare hutan gambut di Lereng Bukit Pusuk Buhit, Samosir pada Jumat (19/2).

Fyi, berdasarkan hasil pantauan satelit NOAA, di wilayah Sumut terdeteksi ada 25 hot spot tersebar di sejumlah daerah kabupaten/kota. Adapun wilayah hot spot tersebar di Kabupaten Labuhanbatu, Samosir, Tapanuli Utara, Labuhanbatu Selatan, Tapanuli Selatan, Padanglawas, Mandailing Natal, Kota Sibolga, Humbahas, Samosir, Karo dan Dairi. (RMN)

 

 

 

RadioDELFM

Recent Posts

Ibadah Rosario di Tangsel Dibubarkan, 4 Tersangka Terancam Penjara

Lagi-lagi kabar intoleransi kembali terjadi di Indonesia. Kali ini melansir dari detik.com tercuat kabar pembubaran…

24 jam ago

Mardoton, Tangkap Ikan Tanpa Merusak Perairan

Masyarakat Batak mengenal istilah menangkap ikan secara tradisional dengan sebutan MARDOTON. Tradisional maksudnya menangkap ikan…

1 hari ago

Data Kunjungan Wisman ke Sumut Bulan Maret 2024

Data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Sumatera Utara (Sumut)…

3 hari ago

Hari Kedua Trail Of The Kings, Kategori 50K dan 27K Tanding

Lomba lari trail untuk kategori 50K dan 27K berlangsung sekitar pukul 5.00 dan 05.30 WIB,…

5 hari ago

Juarai TOTK 50K, Sobari Herdiana Puji Keindahan Danau Toba

Pelari asal Bandung, Jawa Barat Sobari Herdiana (29) berhasil menyabet juara satu putra kategori tertinggi…

5 hari ago

Keseruan Hari Pertama Event TOTK di Samosir

Event lari trail kelas dunia, Trail Of The Kings (TOTK) memulai rangkaian acaranya pada Jumat…

6 hari ago