Keseruan Hari Pertama Event TOTK di Samosir

DELFMRADIO.CO.ID

Event lari trail kelas dunia, Trail Of The Kings (TOTK) memulai rangkaian acaranya pada Jumat (3/5/2024) di Kabupaten Samosir. Penanaman pohon dan pengambilan Race Pack menjadi agenda pembukaan kegiatan TOTK pada hari pertama ini.

Pertama-tama, kegiatan penanaman pohon dilangsungkan di komplek Batu Hobon, Sianjur Mula-mula. Sejumlah pihak seperti Kepala Desa Sari Marrihit, Direktur Pemasaran Pariwisata BPODT Wahyu Dito Galih Indharto, hingga Kepala Pemasaran Mancanegara Elfridanche Pardede ikut dalam aksi tersebut.

Bukan hanya mereka, beberapa perwakilan pelari juga ikut melakukan aksi penanaman pohon. Seperti Race Ambassador Trail Of The Kings Arif Wismoyono serta pelari kategori 50 kasal Jepang, Nami Ishida.

Dalam wawancara kepada Del FM (3/5), Arif mengatakan ia sendiri sudah mengelilingi jalur lari trail 50 kilometer dan banyak berdiskusi dengan warga sekitar. Mereka mengungkapkan keresahannya terhadap kondisi bukit Samosir yang semakin gundul.

“Kabupaten Samosir sangat indah, jadi sangat sayang bukit-bukitnya gundul. Karena itu, kita mengadakan penanaman pohon, dengan sebuah harapan bukit-bukit akan kembali menghijau dan asri,” paparnya.

Pada kegiatan ini ada sebanyak 726 bibit pohon yang tertanam pada sekitaran area perbukitan di Samosir. Panitia sengaja memilih angka 726 menggambarkan jumlah yang sama dengan banyaknya pelari yang mengikuti kegiatan TOTK.

Kegiatan Lainnya

Selain itu, Jumat ini para peserta lari trail 27K & 50K juga melakukan cek kesehatan dan mengambil Race Pack. Peserta mengambil perlengkapan Race Pack mulai jam 10 pagi hingga 4 sore di Perpustakaan Daerah Kabupaten Samosir.

Salah satu peserta lari trail 27K asal Malaysia, Zuhaidi Ahmad sangat bersemangat mengikuti event lari trail kelas dunia ini. Ia mengatakan tetap memutuskan mengikuti event ini setelah seminggu lalu juga mengikuti kegiatan lari marathon

“Sebenarnya, saya mencari tentang Samosir dan Danau Toba di internet. Dan saya melihat Samosir begitu indah dan punya banyak pemandangan menarik. jadi saya mau datang dan menikmati lari disini,” tuturnya.

Penutup kegiatan hari pertama ini, peserta lari kategoru 27K & 50K akan mengikuti Gala Dinner di Kantor Bupati Samosir. Turut hadir D6 Kemenparekraf, Kemenko PMK, dan Kadispar Dairi, Humbahas, Karo, Simalungun, & Kadisbudpar Pemprovsu.

(SAM/RMN)

Leave a Comment.