Hujan Lebat, BMKG Sebut Potensi Banjir dan Longsor di Sumut

DELFMRADIO.CO.ID

BMKG mengeluarkan peringatan potensi hujan lebat di kawasan pegunungan Sumatera Utara (Sumut). Hujan lebat ini dapat menyebabkan banjir, longsor, dan bencana hidrometeorologi lainnya.

“Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat kawasan pegunungan dan di sebagian wilayah Pantai Barat, Lereng Barat, Lereng Timur Sumut yang dapat menyebabkan banjir, longsor serta bencana hidrometeorologis lainnya,” kata Prakirawan BBMKG wilayah I Medan, Defri Mandoza, melansir Antara. 

Dirinya mengatakan secara umum cuaca di Sumut pada Senin (13/5/2024) pagi rata-rata cerah berawan. Kondisi ini berubah pada siang dan sore hari, yang berpotensi hujan lebat di sebagian wilayah di Sumut.

Potensi hujan lebat dapat terjadi di wilayah Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Samosir, Humbang Hasundutan, Tapanuli Selatan, Mandailing Natal, dan sekitarnya.

Sedangkan pada malam hari berpotensi hujan lebat di Dairi, Pakpak Bharat, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Humbang Hasundutan, Sibolga, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Mandailing Natal dan sekitarnya.

Terkait gelombang ombak di laut, Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Belawan Margaretha R Simanjuntak mengatakan, gelombang dengan ketinggian 2.0 meter berpeluang terjadi di Samudera Hindia Barat Aceh.

“Kondisi tersebut berpotensi terjadi mulai 11 hingga 14 Mei 2024 malam,” jelasnya.

Daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) terpantau memanjang dari Samudra Hindia barat Sumatra Barat hingga barat Aceh dan Selat Malaka.

Kondisi angin di wilayah perairan Sumatera bagian utara pada umumnya bertiup dari arah Timur hingga Barat Daya dengan kecepatan berkisar antara 2-20 knot.

(SUMUTSUARA)

Leave a Comment.