Hari Ini, Bandara Silangit Mulai Beroperasi Lagi

Mulai hari ini, Rabu (10/6/2020) pelayanan penerbangan dari Danau Toba dan menuju Danau Toba melalui Bandara Silangit diaktifkan kembali.

“Benar pelayanan akan dibuka mulai besok, dan sampai sekarang belum ada perubahan,” ujar Bupati Taput Nikson Nababan dilansir dari tribunmedan.com

Penting untuk diketahui oleh calon penumpang yaitu tetap mematuhi protokol kesehatan. Menurut Nikson, calon penumpang harus melakukan pemeriksaan kesehatan yang ditunjukkan pula dengan dokumen berkaitan dengan standar kesehatan yang ditentukan maskapai.

Executive General Manajer (EGM) Bandara Silangit Muhammad Iwan Sutisna mengatakan, sejauh ini kata Muhammad Iwan Sutisna maskapai penerbangan yang positif melayani Jakarta-Danau Toba hanya satu penerbangan saja.

Pelayanan penerbangan tersebut merupakan Maskapai Citilink QG 880/881 Rute Jakarta (CGK)-Silangit (DTB) lending pukul 08.20 WIB dan take-off pukul 09.10 WIB. Pada situasi persiapan “New Normal” ini, menurut EGM ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh penumpang yang ingin melakukan penerbangan.

Pertama, calon penumpang yang akan memasuki wilayah DKI Jakarta harus memikiki surat keterangan perjalanan dan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) sesuai Pergub DKI Nomor 47 Tahun 2020. Kedua, penumpang minimal harus lolos hasil tes RT-PCR atau rapid test yang berlaku 3 hari dan sebisa mungkin hasil swab tes PCR yang berlaku 7 hari.

Ketiga, membawa identitas diri seperti KTP, dan juga mengisi dokumen e-HAC untuk pengecekan. Bila kesulitan mengisi dokumen e-HAC calon penumpang bisa langsung ke Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara. Saat di bandara, calon penumpang harus benar-benar menjalani protokol kesehatan yakni dicek kembali kesehatannya oleh peetugas KKP Bandara sebelum diloloskan untuk mengikuti penerbangan. Karenanya calon penumpang dianjurkan terlebih dahulu menjalani rapid test sebelum membeli tiket. Baik, SIKM dan surat hasil rapid test terlebih dahulu harus diperoleh.

“Diurus sebelum beli tiket dan harus sudah mendapat izin SIKM dulu baru beli tiket,. Dalan hal ini demi kelancaran, diharapkan agar calon penumpang 3 jam atau 4 jam Sebelum cek in harus sudah berada di bandara dan wajib melaksanakan protokol ksehatan,” tutupnya.

 

Comments.

  • Traveltoba.co.id

    Pandemi Covid-19 menghancurkan bisnis penerbangan dan transportasi bandara, banyak hotel-hotel disekitar Danau Toba yang merasakan dampak akibat merosotnya jumlah penumbang yang turun di Bandara Silangit. https://www.traveltoba.co.id

Leave a Comment.