G20 sudah selesai, Ini hasil kesepakatannya!

Perjanjian Dengan Korea Selatan, Jepang, Inggris, dan Turki

Pemerintah RI dengan Pemerintah Korea Selatan juga menyepakati kerjasama pada bidang Infrastruktur hijau. 15 Maret 2022 lalu, Memorandum of Understanding (MoU) pembangunan infrastruktur hijau telah ditandatangani sebelumnya. MoU tersebut kemudian ditindak lanjuti dengan penandatanganan Joint Statement on the Green Initiative, Senin 14 November 2022. Kepala Negara dalam penandatanganan tersebut diwakilkan, masing masing oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljo mewakili Indonesia, dan  Menteri Lingkungan Republik Korea Han Wha Jin mewakili Korea Selatan.

Kerja sama infrastruktur hijau ini terdiri dari manajemen sumber daya air dan penyediaan air bersih, konstruksi bangunan efisiensi energi dan kota eco-smart. Termasuk di dalamnya identifikasi dan infrastruktur untuk mitigasi serta adaptasi perubahan iklim. Pemerintah Korea Selatan juga berkomitmen untuk ikut berpartisipasi dalam membangun sistem penyediaan air bersih di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang akan mulai dibangun dua tahun lagi di Kalimantan Timur.

BACA JUGA

Aksi Bersih Sampah Digelar di Pantai Lumban Bul-Bul, Sekarang!

Indonesia dan Korea Selatan juga menyepakati nota kesepahaman pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta fase 4 lintas Fatmawati-Kampung Rambutan. Selain Korea Selatan, pemerintah Jepang dan Inggris juga ikut berpartisipasi dalam pengembangan MRT Jakarta. Jepang akan membantu memfasilitasi pembangunan MRT koridor Timur-Barat (east-west). Inggris akan membantu pembangunan MRT Jakarta east-west fase I, juga pengembangan transportasi kereta di Indonesia dan proyek Light Rail Transit. (LRT)

Perjanjian dengan Turki dilakukan juga di tanggal 14 November 2022. Ada banyak perjanjian yg telah ditandatangani oleh kedua belah pihak. Perjanjian itu meliputi bidang pertahanan, kehutanan, lingkungan hidup, riset, teknologi dan inovasi, serta kerja sama pembangunan. Kesepakatan lain yg telah dibuat, terjadi diantara pelaku usaha. Kesepakatan ini adalah kesepakatan untuk produksi bus listrik dan pembangunan Tol Sumatera.

Leave a Comment.