FE Sumut Berkembang Baik, Petani Harap Presiden Berkunjung

DELFMRADIO.CO.ID

Lahan Food Estate Sumatera Utara (FE Sumut) yang terletak di Desa Hutajulu, Humbang Hasundutan menampakkan perkembangan hasil pertanian yang baik. Beberapa jenis tanaman yang sudah pernah panen di lahan tersebut diantaranya adalah tanaman kentang, buncis hingga bawang merah.

“Ketinggian FE sekitar 1400 meter di atas permukaan laut ini memang cocok untuk tanaman sayur. Secara bertahap tanamannya ada yang memasuki musim ketiga maupun keempat. Sebelumnya musim pertama, ada kentang, musim kedua buncis, dan sekarang bawang merah,” papar Manajer Lapangan Food Estate,¬†Van Basten¬†Pandjaitan.

Baca juga | Bahasa Batak Sudah Tersedia di Google Terjemahan

Van Basten menerangkan, sebelum budi daya ini, lahan FE Sumut kondisinya terbengkalai begitu saja. Tapi setelah aktif dengan budidaya, mikroba-mikroba yang berfungsi untuk menggemburkan tanah sudah makin berkembang baik.

“Ini bisa menjadi lahan contoh bagi petani-petani, khususnya buat petani milenial. Sebab kita juga ada melatih sekitar 6 milineal yang bekerja bersama dengan petani lokal untuk memperluas hasil pertanian.” ungkap dia.

Van Basten juga sempat mewawancarai petani terkait dengan aktivitas bertani di FE Sumut. Sejauh ini, para petani mengaku antusias merawat tanaman di lahan FE Sumut. Mengingat kondisi cuaca juga tak menentu, petani juga begitu serius merawat agar tanaman mereka memberikan hasil maksimal.

“Kita lihat fisiknya (tanaman bawang) sudah lumayan sehat. Kita harus disiplin agar tanamannya sehat, apalagi cuaca tek menentu. Harus hati-hati, kalau hujan biasanya gulmanya akan banyak, tapi kalau kekeringan juga nggak bagus, awas tanaman sampai kuning,” pesan Van Basten kepada petani.

Kedepannya, dengan perkembangan tersebut, Van Basten beserta petani berharap presiden bakal menyempatkan waktu untuk melihat lahan FE Sumut. “Jika tidak aral melintang, semoga pak presiden menyempatkan waktu berkunjung ke sini. Aminnn,” kata Van Basten dan petani serempak.

(RMN)

Leave a Comment.