Capai 121 Kasus, Kajari Toba: Perkara Narkotika di Toba Marak Terjadi Sejak Januari Hingga Oktober 2021

Kasus narkoba kian marak di Kabupaten Toba. Menurut Kepala Kajari Toba, Baringin Pasaribu, sejak bulan Januari hingga Oktober 2021 ada 42 perkara dari 121 pekara yang ditangani Kajari Toba.

Disebutkan, dari total 42 perkara, terdapat 36 perkara untuk narkotika jenis sabu-sabu, 3 perkara jenis ganja, dan 3 perkara jenis pil ekstasi. Seluruh perkara tersebut, lanjutnya, meliputi tiga subperkara, yakni; tindak pidana narkotika, keamanan negara dan ketertiban umum (Kamnegtibum), serta pidana orang dan harta benda (Oharda).

Agar barang bukti (barbuk) kasus tidak disalahgunakan dan hilang, Kajari Toba pun melakukan pemusnahan di halaman kantor Kejaksaan Negeri Toba pada Selasa (19/10/2021).

“Kita melakukan pemusnahan barang bukti pada kasus yang terjadi antara bulan Januari 2021 hingga Oktober 2021. Barang bukti ini meliputi tiga subperkara; tindak pidana narkotika, kamnegtibum, dan pidana oharda,” sebutnya.

Baca juga: Bersiap, IT Del Gelar Vaksin Dosis 2 Pada 21-22 Oktober 2021

Barang bukti berupa narkotika jenis sabu dan pil ekstasi dimasukkan ke dalam blender yang sudah terisi dengan air lalu dibuang. Sementara barang bukti yang benda tajam dipotong-potong.

“Untuk narkotika jenis sabu dan ekstasi, kita musnahkan dengan menggunakan blender. Kalau ganja, kita bakar. Kita juga bakar beberapa barang bukti berupa pakaian, kertas, tas, dan beberapa yang lain,” terangnya.

Pada kesempatan itu, Baringin Pasaribu mengimbau kaum muda agar menjauhi narkotika. Maraknya peredaran narkotika di Toba, katanya,  akan memengaruhi pariwisata di kawasan Danau Toba, secara khusus di Toba. Para wisatawan kemungkinan akan malas sambangi Toba bila narkoba masih terus merebak.

“Jangan sampai, gara-gara narkotika ini, wisatawan asing takut datang kemari. Efeknya sangat luas, terutama masyarakat. Khsususnya anak muda itu, pikirannya jadi ngawur. Kan jadi aneh-aneh, mau mencuri, mau membunuh karena untuk narkotika,” terangnya. (RMN)

 

Leave a Comment.