Berisik, Polres Toba Razia Knalpot Racing di Balige

DELFMRADIO.CO.ID

Sejumlah pelanggar lalu lintas, khususnya para pelajar yang menggunakan knalpot brong terjaring razia oleh petugas Sat Lantas Polres Toba di Soposurung Balige Senin (13/5). Bagi mereka yang terjaring razia, polisi sempat memberikan imbauan agar tidak mengulangi perbuatan serupa.

Kapolres Toba, AKBP Wahyu Indrajaya SH, S.I.K., melalui Kasat Lantas, IPTU Nanang Kusumo, mengutip harian analisa, mengaku menggelar razia untuk memberikan efek jera. Sekaligus demi terwujudnya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) sekitar wilayah Kabupaten Toba.

“Kegiatan ini juga sekaligus untuk memberikan efek jera bagi masyarakat yang masih tidak tertib dalam berkendara, khususnya sepeda motor roda dua yang masih menggunakan knalpot brong atau knalpot tidak ber SNI, serta mengantisipasi muda – mudi yang akan melakukan aksi balap liar pada jam – jam dinihari,” kata Nanang, Selasa (14/5/2024).

Nanang juga mengatakan, para pelanggar dapat mengambil kendaraannya tersebut di Kantor Satlantas, asalkan memenuhi sejumlah persyaratan. Yakni telah tuntas menjalani sidang tilang serta mewajibkan pemilik kendaraan mengganti knalpot brong dengan knalpot standarnya.

“Harapan saya masyarakat Kabupaten Toba tidak lagi menggunakan knalpot brong karena mengganggu pengguna jalan dan masyarakat lainnya ketika lewat di jalan,” katanya.

Ia pun telah menginstruksikan jajarannya untuk menindak tegas jika mendapati ada masyarakat yang masih menggunakan knalpot brong.

“Anggota saya terus mobile. Kalau menemukan kendaraan berknalpot brong, maka akan kita beri peringatan, kalau tidak taat, akan kita tilang secara manual,” katanya.

Nanang juga menambahkan bahwa penindakan dan penertiban kendaraann yang kami lakukan juga karena berdasarkan informasi dari masyarakat di Balige, khususnya dan Kabupaten Toba pada umumnya banyak kendaraan kendaraan yang tidak memiliki surat surat kepemilkan dan sudah banyak sering terjadi pencurian kendaraan bermotor, sehingga polisi laksanakan penindakan secara konsisten agar Balige aman dan nyaman.

Leave a Comment.