Beri Semangat Para Pejuang Medali Sea Games, Luhut: Fokus dan Spirit Untuk Menang

SEA Games ke-31 dijadwalkan berlangsung di Vietnam pada 12-23 Mei 2022 nanti. Melalui akun instagramnya, @luhut.pandjaitan , Menkomarves Luhut Binsar Pandjaitan mengajak para kontingen untuk membuat kejutan pada pesta olahraga bangsa-bangsa Asia Tenggara itu.

“Buatlah Kejutan!”, tulisnya.

Di hadapan para atlet Luhut berpesan agar mereka memiliki dua bakat, yaitu fokus dan spirit untuk menang. Menurut pengalaman Luhut, kedua bakat itulah yang ia tanamkan ketika menjadi instruktur saat berada di korps baret merah yang menjadi kunci keberhasilan setiap operasi yang ia dan prajurit lainnya lakukan.

“Pun demikian hal nya dengan seorang atlet. Jika ingin menang, maka kita harus konsisten menjaga fokus dan spirit,” ujarnya.

Baca juga: SEA Games 2022: Jokowi Targetkan Indonesia Ada di Posisi Tiga Besar

Ia menyebut bahwa ajang SEA Games di Hanoi kali ini akan menjadi ajang pembuktian bagaimana kemampuan negara-negara peserta dalam menyiasati dampak pandemi Covid-19 dalam mempersiapkan atlet-atletnya. Karenanya, Luhut pun menitipkan harapan agar para atlet mengingat pengorbanan waktu, beratnya latihan, bahkan meninggalkan keluarga di rumah demi satu tekad, yaitu membuat kejutan!

“Saya titip kepada para atlet untuk perhatikan proses latihan kalian, lebih baik bersusah payah saat latihan ketimbang bersusah payah saat perlombaan,” sebutnya.

Pada SEA Games ke-31 ini, Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia menargetkan 8 medali emas. Namun, Menko Luhut memotivasi atlet agar meningkatkan tekad agar mencapai target lebih sekaligus memecahkan rekor terbaru di SEA Games.

Baca juga: Lirik Lagu Terbaru: Zoom – Jessi

Kepada para pelatih, Luhut juga menitipkan pesan agar memperhatikan kondisi fisik dan psikis para anak didiknya satu per satu. Meski tugas yang diemban para pelatih berat pada SEA GAMES ini, ia berharap pelatih dan atlet kompak untuk mencapai target telah disepakati bersama.

“Jangan pernah takut akan target yang hendak kita capai, justru jadikanlah target itu motivasi untuk membuat kejutan! Meskipun atletik adalah cabang olahraga terukur, namun berdasarkan pengalaman dan hal yang seringkali terjadi di lapangan, kejutan selalu bisa terjadi,” tambahnya.

Menutup pesannya, Luhut mengingatkan para kontingen harus terus disiplin melakukan protokol kesehatan, mengingat kita masih dalam masa pandemi. Pesannya agar semua harus waspada menjaga diri serta saling menjaga antar anggota tim satu dengan yang lain.

“Selamat jalan dan selamat bertanding dalam sportivitas yang tinggi. Seluruh rakyat Indonesia menantikan kejutan dari perjuangan kalian,” tutupnya. (RMN)

 

 

Leave a Comment.