Bantu Pemerintah Tangani Covid19, Rusunawa Karyawan Del Resmi Jadi Lokasi Isolasi Terpusat Pasien Covid19 di Kabupaten Toba

Kerja sama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toba dengan Yayasan Del terkait penggunaan Rusunawa Karyawan Del sebagai lokasi isolasi terpusat  pasien Covid19 di Kabupaten Toba, resmi terjalin. Hal ini disampaikan langsung oleh pihak Yayasan Del yang diwakili oleh Wakil Rektor 2 Institut Teknologi Del, Arnaldo Marulitua Sinaga.

Melalui wawancaranya kepada Del FM Radio (12/8), Aldo begitu ia akrap disapa, menjelaskan bahwa kerjasama ini berawal dari adanya permintaan dari Pemkab maupun Satgas Covid19 di Toba untuk menggunakan fasilitas Del tersebut. Permintaan tersebut disambut baik oleh pihak Yayasan Del karena berkaitan dengan kemanusiaan yang berdampak positif bagi warga Toba sekaligus membantu pemerintah yang tengah gencar mengatasi pandemi ini.

“Pihak Yayasan Del menyambut baik permintaan Pemkab ini karena selain alasan kemanusiaan, Del memang punya fasilitas memadai untuk membantu niat Pemkab tersebut “, jelas Aldo.

Terkait jumlah kamar, ia mengatakan bahwa ada 40 ruang kamar rusunawa yang akan dimanfaatkan baik bagi pasien maupun petugas nantinya. Pemkab Toba, tuturnya, akan mengkoordinir pemanfaatan fasilitas yang sudah tersedia di lokasi tersebut untuk ruang pasien serta ruang kerja dan ruang jaga bagi petugas.

Adapun penanganan pasien konfirmasi Covid19 ini, termasuk protokol kesehatan yang akan diterapkan, sepenuhnya akan ditangani oleh Satgas Kabupaten Toba. Di lokasi ini nantinya akan disediakan 1 mobil ambulans, tenaga kesehatan, satuan pengamanan, serta obat-obatan memadai untuk penanganan pasien.

“Dari hasil diskusi kita, pemda akan menyediakan kebutuhan 1 mobil ambulans yang stand by selama 24 jam, termasuk kunjungan dokter-dokter spesialis, sehingga jika ada keadaan darurat bisa langsung ditangani”, tuturnya.

Lokasi rusunawa yang berada Jalan Yp. Arjuna, Laguboti ini, menurut Aldo, dipastikan memiliki jarak aman bagi warga Del lainnya. Sebelumnya, selama pandemi ini, rusunawa ini memang sudah dimanfaatkan untuk warga Del yang melakukan isoman. hanya saja dengan adanya kerja sama ini skalanya tentu lebih besar.

“Saya sampaikan bahwa fasilitas shelter ini (di masa pandemi) sebenarnya merupakan fasilitas isolasi pasien Covid19 untuk warga Del yang kita lakukan sebelumnya, jadi sebenarnya civitas juga sudah aware untuk hal ini, hanya memang skalanya pasti lebih besar”, terangnya

Meski begitu, pihak Del akan tetap melakukan sosialisasi dengan warga Del agar lebih waspada serta membuat tanda atau jalur khusus yang aman bagi warga Del di sekitar shelter. Terkait komunikasi dengan warga sekitar, pihak Pemkab juga nantinya akan menjalin komunikasi dan mensosialisasikan terkait keluar masuknya pasien agar tidak menimbulkan kekhawatiran bagi masyarakat sekitar Del. (RMN)

Leave a Comment.