Rangkaian Kunjungan Raja dan Ratu Belanda Ke Institut Teknologi (IT) Del

Pukul 11.25 Raja Willem Iskandar dan Ratu Maxima didampingi langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama juga Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Eddy Rahmayadi bersama staf kedutaan besar Belanda lainnya tiba di Institut Teknologi (IT) Del. Dengan pengamanan yang ketat, Raja dan Ratu Belanda disambut langsung oleh Menkomarves Luhut Binsar Pandjaitan dan Rektor IT Del Togar Simatupang yang sudah lebih dahulu tiba di Entrance Hall IT Del.

Hanya sesaat, usai welcoming speech oleh Togar Simatupang, Raja yang tampak gagah dengan setelan jas berwarna cokelat bersama ratu langsung bergegas menuju auditorium untuk melihat pemaparan tentang Sustainable Tourism and Water Quality In Lake Toba. Secara ringkas, Riyanthi Sianturi, sebagai salah satu pemateri dalam seminar menjelaskan kalau di kawasan Danau Toba masih perlu dilakukan peningkatan kapasitas sumber daya manusianya.

“Jadi kita perlu mengadakan banyak pelatihan dan pendampingan. Kita fasilitasi melalui komunitas. Saat ini kita sudah membentuk komunitas pariwisata berbasis masyarakat di 8 kabupaten kawasan danau toba. Selanjutnya pada setiap kabupaten akan kita bentuk desa wisata yang menjadi percontohan,” jelasnya terkai sustainable tourism di kawasan Danau Toba.

Tak ketinggalan, Raja dan Ratu Belanda juga mendengarkan pemaparan mahasiswa/i IT Del terkait penelitiannya soal pengolahan limbah tahu dan tapioka. Raja dan Ratu mengaku kagum dengan kondisi belajar di IT Del. Bukan cuma fokus soal pendidikan namun IT Del juga memperhatikan kehidupan kampus yang asri dan berkarakter. Hal itu disampaikan Raja dan Ratu Belanda langsung kepada Luhut Binsar Pandjaitan yang juga founder IT Del.

Bukan cuma soal penelitian, Raja dan Ratu tampak terhibur kala menyaksikan penampilan suara dari Paduan Suara Mahasiswa (PSM) IT Del yang membawakan lagu ‘Cikalalepongpong’.

“Thank you, beautiful song” ujar Ratu Maxima spontan saat lagu berakhir diikuti riuh tepuk tangan dari tamu yang hadir.

Usai berkeliling Raja dan Ratu beserta seluruh tamu undangan pun tampak menikmati santap siangnya. Perjalanan dilanjutkan menuju Desa Silimalombu, Samosir lalu menuju Inna Parapat Hotel. Kunjungan ke kawasan Danau Toba berakhir, rombongan pun kembali ke Belanda melalui Bandara Internasional Kualanamu. (RMN)

Leave a Comment.